Blog Zombie Dan Cara Mencarinya

Mungkin kalian para blogger pemula, masih kurang paham tentang blog zombie. Atau mungkin saja ini adalah kali pertama mendengarnya. Kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai Blog Zombie.

Apa Itu Blog Zombie ?

Blog zombie itu sebenarnya adalah sebuah blog yang sudah lama tidak aktif/dinonaktifkan lalu diaktifkan kembali. Blog zombie ini mayoritas atau bisa dikatakan seluruhnya merupakan blog dengan domain gratisan, baik itu blogspot maupun platform lainnya. Hal ini disebabkan karena domain gratis ini tidak akan hilang prestasi sebelumnya (Domain Authority, Page Authority, Backlink) ketika didaftarkan/diaktifkan kembali.

Untuk kata "zombie" ini seperti yang sudah kita bahas diawal, cuma istilah doang. Seperti yang mungkin kalian pernah liat di film-film, zombie adalah pembangkitan manusia yang sudah mati. Begitu juga dengan blog zombie, yaitu blog yang dihidupkan kembali setelah lama mati/tidak aktif.

Lalu, mungkin kalian bertanya "Apa bedanya blog zombie dengan blog biasa, bukannya sama-sama blog ?". Nah disinilah perbedaanya, selanjutnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan blog zombie dibanding blog biasa.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Zombie

1. Kelebihan Blog Zombie

Inilah ketiga kelebihan blog zombie daripada blog pada umumnya.
  1. Backlink. Yap, mayoritas blog zombie pasti telah memiliki backlink yang bisa sangat membantu kalian melakukan link building.
  2. Page Rank. Inilah juga salah satu alasan kenapa blog zombie banyak dicari. Mayoritas blog zombie akan memiliki Domain Authority dan Page Authority yang besar.
  3. Umur Domain. Ini juga salah satu keistimewaan dari blog zombie. Usia sebuah domain akan mempengaruhi kepercayaan atau trust dari mesin pencari.

2. Kekurangan Blog Zombie

Inilah dua kekurangan blog zombie jika dibandingkan blog biasa.
  1. Nama Domain Kurang Bagus. Untuk kalian yang memperhatikan detil dari sebuah blog, mungkin ini bisa menjadi sebuah kekurangan. Nama Domain tidak bisa kalian ganti karena kalau kalian ubah, maka ketiga kelebihan diatas tadi tidak akan bisa kalian dapatkan.
  2. Tidak Tahu Reputasi Blog Sebelum Dinonaktifkan. Dengan menggunakan blog zombie, kalian tidak bisa mengetahui apa konten yang dipublikasi dalam blog tersebut sebelum dinonaktifkan.
Pertanyaan berikutnya "bagaimana penggunaan dari blog zombie ini ?". Nah ini adalah beberapa metode penggunaan blog zombie yang bisa kalian tiru. 

Penggunaan Blog Zombie

1. Sebagai Blog Dummy

Iya, inilah salah satu fungsi atau manfaat utama dari blog zombie. Sekarang sudah banyak blogger yang menggunakan blog zombie sebagai blog sumber backlink berkualitas ke blog utama mereka. 

Seperti yang kita ketahui, backlink dari situs dengan DA dan PA tinggi akan memberikan efek yang besar untuk blog utama. Caranya pun sangat mudah, kalian hanya perlu membuat setidaknya satu buah artikel dengan link menuju blog utama.

2. Sebagai Blog Utama

Poin ke-2 ini juga sering menjadi pilihan, yaitu membuat blog zombie menjadi blog utama. Kalau kalian memilih poin ini, optimasi yang kalian lakukan terkait SEO Offpage pasti akan menjadi jauh lebih mudah. 

Hal ini disebabkan oleh Page Rank yang sudah dibangun dari owner blog sebelumnya juga akan kalian dapatkan di blog zombie ini.

3. Untuk Dijual

Poin terakhir ini menjadi salah satu pilihan yang sangat menggiurkan. Mayoritas harga dari penjualan blog zombie ini bisa mencapai 10$ atau sekitar 140.000 ribu rupiah. Tentunya ini bukan jumlah yang kecil. Lumayan lah buat nambah-nambah uang jajan :v

Udah nentuin mau pake blog zombie buat apa ? Nah sekarang kita masuk ke bagian pentingnya nih, yaitu cara mencari blog zombie. Kalau udah punya blog zombie kayaknya udah bebas banget yak. Langsung disimak aja nih.

Cara Mencari dan Mendapatkan Blog Zombie Gratis

Sebenernya, di sumber lain kalian bisa menemukan banyak sekali cara untuk menemukan blog zombie. Tapi, rasanya ribet banget kalo harus search lagi di google. Nah, makanya udah tepat banget deh ke sini, kalian bakalan dapetin cara paling mudah buat mencari blog zombie. 
  1. Pertama-tama, kalian download dulu tools-nya. Tools ini cuma bisa kalian buka di pc yak !!
  2. Download
  3. Kalau sudah di download kalian buka, nah sehabis itu kalian bakal dihadapkan dengan interface seperti ini
  4. Pada bagian yang diberi tanda panah, kalian isikan dengan kata kunci yang kira-kira akan menjadi target kalian (jika ingin digunakan sebagai blog dummy  ataupun blog utama). Kalau mau dijual, isikan aja bebas (mimin rekomendasikan kata kunci dengan volume pencarian besar, biar lebih banyak pilihan)
  5. Kalau sudah kalian bisa klik tanda panah di bagian paling kanan atas, dan pencarian blog zombie akan segera dimulai

Proses pencarian biasanya memakan waktu lebih dari 5 menit. Jadi kumpulkan kesabaran kalian sampai blog zombie kalian ditemukan. 

Nah mengenai kekurangan blog zombie yang kita bahas diatas tadi, kali ini ada sedikit metode untuk mengetahui reputasi dari blog tersebut. Ketika kalian mendapatkan URL dari blog zombie tersebut, yang pasti kalian harus lakukan adalah mengecek DA dan PA dari blog yang kalian dapatkan.

Reputasinya bisa kalian lihat dari anchor text dari link yang menuju ke blog zombie itu. Kalau sekiranya tidak mengandung unsur pelanggaran seperti pornografi, itu menandakan blog zombie tersebut bisa kalian gunakan. 

Jangan sampai kalian menggunakan blog zombie yang memiliki masa-masa kelam pada owner sebelumnya.

Sampai disini dulu artikel mengenai Blog Zombie. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian dalam dunia blogging. Jangan lupa share artikel ini supaya bisa bermanfaat bagi lebih banyak orang.

Post a Comment