Kelebihan Memakai Domain Berbayar Pada Blogger

 

Apa Itu Domain ?

Kalau kalian baru bergelud dalam dunia website atau blog, kalian pasti bertanya "apa itu domain ?". Nah simpelnya, domain bisa dikatakan sebagai alamat website atau blog kalian. Ibaratnya begini kalau kalian membeli barang melalui salah satu platform e-commerce, kalian harus mencantumkan alamat biar barang yang kalian pesan bisa sampai. Begitu pula dengan internet, yang juga membutuhkan alamat biar bisa sampai ke tujuannya dengan baik.

Mungkin beberapa kalian ada yang pernah denger tentang URL. Domain ini memiliki hubungan dengan yang namanya URL. Sebagai penyegaran, URL bisa diartikan sebagai alamat website secara umum. Terus apa bedanya antara URL dengan Domain ? Tidak ada bedanya, karena seperti diawal tadi sudah dikatakan dua hal ini adalah hal yang berkaitan. Tapi gini hukumnya, kalau kalian misalnya mengetikkan sebuah URL misalkan https://nama-domain.com/ dengan https://nama-domain.co.id/, maka hasil yang akan kalian dapatkan pun akan berbeda

Domain yang kalian beli di penyedia domain akan terdaftar dan dikelola dalam sebuah organisasi. Organisasi tersebut bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Organisasi inilah yang menentukan ekstensi nama domain dan dan menjaga database agar tetap mengarah ke nama domain yang terdaftar.

Ketika mendaftarkan nama domain, kalian bisa memilih nama yang akan menjadi nama blog atau website kalian dan ekstensi yang akan kalian gunakan. Misalnya romadhon.my.id, romadhon akan menjadi nama blog atau website kalian dan sementara .my.id adalah ekstensi untuk domain yang telah kalian pilih. 

Untuk kalian ketahui, penggunaan nama domain haruslah unik. Maka dari itu penggunaan nama domain yang telah terdaftar tidak akan bisa digunakan. 

Indikator Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Domain Berbayar

1. Profesionalitas

Kalau kalian sekarang menggunakan domain gratisan, segera beli domain berbayar. Ini adalah salah satu alasan mengapa domain berbayar lebih dianjurkan. Jika kalian menggunakan domain gratis, maka mayoritas pembaca akan menganggap blog kalian kurang profesional. Sementara kalau kalian menggunakan domain berbayar seperti .com, maka blog kalian akan nampak lebih profesional. 

2. Kredibilitas

Alasan kedua dari masalah kredibilitas atau yang lebih sering disebut kepercayaan. Banyak pembaca yang terkadang meragukan informasi yang kalian bagikan pada blog tanpa domain berbayar. 

Hal ini pun tidak terlepas dari masalah profesionalitas yang sudah disebutkan sebelumnya. Kalau blog kalian sudah terlihat profesional, maka secara otomatis blog kalian juga akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca saat mencerna informasi.

3. Kebebasan Penggunaan

Alasan ketiga ini adalah dari keleluasaan kalian dalam masalah konten. Terdapat batasan-batasan berupa Terms of Condition yang dimana kalau kalian melanggarnya, maka blog yang sudah dibangun akan dihapus secara otomatis oleh Pihak Blogger.

Masalah tadi tidak akan kalian temui kalau menggunakan domain berbayar. Kalian bebas mengeksplor konten tanpa dibatasi peraturan yang mengekang. Walaupun tidak dibatasi, ada baiknya kita juga tetap bertanggung jawab terhadap konten yang dibuat dan jangan sampai merugikan orang lain.

4. Penggunaan Subdomain

Nah ini dia salah satu alasan penganjuran menggunakan domain berbayar. Kalau kalian menggunakan domain gratis dari blogger, bisa dipastikan kalian tidak bisa menggunakan yang namanya subdomain. Karena domain gratis yang kalian gunakan pun itu adalah subdomain.

Sementara pada domain berbayar, kalian bisa membuat blog atau website yang masih berhubungan menggunakan fitur subdomain. Contoh subdomain yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan domain berbayar adalah subdo.romadhon.my.id. Penggunaan kata "subdo" pada subdomain tersebut bisa diubah sesuai kebutuhan kalian.

5. Support

Sesuatu yang gratis pastinya tidak memiliki fitur sebanyak yang berbayar. Hal ini juga berlaku buat kalian yang menggunakan domain gratisan. Katakan saja, amit-amit, suatu hari blog kalian mengalami gangguan. Dalam kasus penggunaan domain gratis, maka kalian tidak akan mendapatkan bantuan.

Lain halnya dengan domain berbayar. Kalian bisa mengontak Customer Support dari penyedia domain untuk menanyakan apa yang terjadi dan bagaimana langkah penyelesaiannya. Dan hal ini bisa sangat membantu kalian untuk segera mengudara pada mesin pencari.

Nah itulah beberapa perbandingan tentang Kelebihan Membeli Domain Berbayar Untuk Blogger. Keputusan ada di tangan kalian untuk bertahan pada domain gratis, atau upgrade ke domain berbayar.

Tentunya dengan kelebihan yang sudah kita bahas tadi, kalian seharusnya memikirkan ulang apa saja keuntungan yang bisa didapatkan. Dengan biaya yang tidak seberapa, kalian bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kemajuan blog.


Post a Comment